PENGERTIAN DAN CONTOH DISPOSISI
Lembar disposisi secara umum berisi informasi nonverbal untuk diterjemahkan secara seksama dan ditindaklanjuti. Disposisi merupakan
petunjuk singkat tentang tindak lanjut(penyelesaian) terhadap suatu
urusan atau surat masuk. Disposisi dibuat oleh pimpinan untuk staf atau
bawahan sesuai dengan bidang keahlian atau kewenangannya. Tujuan pembuatan disposisiialah agar staf dapat menindaklanjuti atau menyelesaikan suatu urusan atau surat masuk sesuai dengan yang dikehendaki
oleh pimpinan. Tindak lanjut dapat berupa surat balasan,
tindakan-tindakan lain dalam rangka menyelesaikan urusan tersebut.
Sebelum diserahkan kepada pimpinan, surat masuk terlebih dahulu dikendalikan oleh bagian administrasi dan diberi lembar disposisi. Pengisian lembar disposisi yang menyangkut masalah pengagendaan seperti indeks, kode, nomor urut, dan data-data tentang surat dilakukan oleh bagian administrasi. Indeks, kode, dan nomor urut berisi kata/sandi yang bisa digunakan untuk merunut kembali dimana letak surat tersebut dalam agenda atau pengarsipan.
Selanjutnya pimpinan mendisposisikan siapa yang diberi tugas atau tanggung jawab untuk menindaklanjuti, serta bagaimana intruksi-intruksinya.Contoh Surat Disposisi/lembar disposisi
ENGURUS WILAYAH HIMPAUDI SUMATERA UTARA
HIMPUNAN PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN ANAK USIA DINI INDONESIA
LEMBAR DISPOSISI
Nomor Agenda:
|
Tanggal:
|
Surat dar :
Tanggal :
Nomor Surat :
Perihal :
Diajukan Kepada
|
Isi Disposisi
|
Paraf
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar