MACAM-MACAM PEKERJAAN KANTOR
Ada dua pekerjaan kantor,yaitu :
1. Pekerjaan
kantor yang bersifat ketatausahaan adalah pekerjaan kantor yang berhubungan
langsung dengan tulis-menulis ,seperti :
·
Pengurusan atau penanganan surat masuk dan surat keluar
·
Penyimpanan surat (kearsipan)
·
Pengetikan
·
Pengurusan kepegawaian
·
Penguruan keuangan
·
Pengurusan perlengkapan
·
Penggandaan
·
Pembuatan laporan
Jenis-jenis Pekerjaan Kantor
dapat dibagi dalam kelompok sebagai berikut:
A.Mengumpulkan
/ meghimpun ,
yaitu kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya
segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan di mana-mana, menjadi
siap dipergunakan bila mana diperlukan.
B.Mencatat,
yaitu kegiatan membubuhkan dengan berbagai macam
peralatan sesuai dengan perkembangan teknologi modern dan kebutuhan keterangan
yang diperlukan, sehingga wujudnya langsung siap pakai.
C.Mengolah,
yaitu macam-macam kegiatan mengerjakan keterangan dengan
maksud menyajikan dalam bentuk yang lebih berguna.
D.Menggandakan,
yaitu kegiatan memperbanyak dengan berbagai cara dan
alat, sebanyak jumlah yang diperlukan.
E.Menyimpan,
yaitu kegiatan menaruh atau melekatkan dengan berbagai
cara dan alat tempat tertentu sehingga sistematis danaman.
F.Pengelompokan
Pekerjaan Kantor di atas,
merupakan tugas-tugas rutin dan bekesinambungan serta
dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kebutuhan, antara lain berupa
pekerjaan tulis-menulis, mengetik, menghitung, membuat jadwal,grafik, dan
chard.
Pekerjaan Tulis-menulis.
Pada dasarnya semua pekerjaan kantor (tata kerja,prosedur
kerja dan sistem kerja), dinyatakn secara tertulis dan disusun sistematis
sebagai produk kantor yang siap disajikan bilamana diperlukan. Salah satu
produk kantor tersebut adalah warkat yang setiap catatan tertulis maupun
bergambar, sebagai bahan laporan factual (keadaan sebenarnya), actual (hangat)
dan reliable (nyata).Setiap kantor, baik kantor pemerintah maupun sawasta,besar
maupun kecil, setiap hari banyak menerima maupun mengirirm surat yang jumlahnya
tentu tergantung besar kecilnya kantor. Kantor yang besar dan luas jangkauannya
memerlukan lebih banyak surat yang harus ditangani dari pada kantor yang sempit
ruang lingkup usahanya. Namun semua itu harus mendapatkan perhatian yang besar,
agar memberi kesan yang baik dan menumbuhkan kepercayaan dari pihak luar /
masyarakat. Kantor yang berhasil menciptakan kesan yang baik merupakan promosi
secara tidak langsung, dan sebagai hasilnya dapat menambah relasi / hubungan
lebih luas.Dari uaraian di atas dapat disimpulkan bahwa pekerjaan tulis-menulis
adalah kegiatan mencatat (menulis) surat dengan berbagai peralatan (alat-alat
tulis) tentang keterangan yang diperlukan sehingga berwujud tulisan yang dapat
dibaca, dikirim dan disimpan.
Mengidentifikasi Pekerjaan Kantor
Di masyarakat luas pekerjaan kantor biasanya juga disebut sebagai tatausaha. Tata usaha dirumuskan sebagai segenap rangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam setiap organisasi. Jadi, tatausaha menurut intinya adalah tugas pelayanan disekitar keterangan-keterangan yang berwujud 6 pola perbuatan:
1. Menghimpun : Merupakan kegiatan-kegiatan mencari dan mengusahakan tersediannya segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan dimana-mana sehingga siap untuk dipergunakan bila mana diperlukan.
2. Mencatat : Merupakan kegiatan membubuhkan dengan berbagai peralatan tulis keterangan-keterangan yang diperlukan sehingga berupa tulisan yang dapat dibaca, dikirim, dan disimpan.
3. Mengolah : Merupakan macam-macam kegiatan dengan mengerjakan keterangan-keterangan dengan maksud menyajikannya dalam bentuk yang lebih berguna.
4. Menggandakan : Merupakan kegiatan memperbanyak dengan berbagai cara dan alat sebanyak jumlah yang diperlukan.
5. Mengirim : Merupakan kegiatan menyampaikan dengan berbagai cara dan alat dari satu pihak kepada pihak lainnya
6. Menyimpan : Merupakan kegiatan menaruh dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman.
Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson, pekerjaan perkantoran dapat diperinci dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
1. Menerima pesanan-pesanan, mengantarkan dan mengirimkannya dengan kapal.
2. Membuat rekening
3. Surat-menyurat, mendikte, mengetik
4. Menyimpan warkat
5. Menyampaikan hutang dan mengumpulkan perhitungan yang belum terselesaikan.
6. Mengurus, membagi, dan mengirimkan surat pos
7. Pekerjaan memperbanyak warkat dan membubuhkan alamat
8. Macam-macam pekerjaan seperti menelepon, menerima tamu, pekerjaan pesuruh
9. Tugas-tugas khusus dengan maksud untuk menyederhanakan sistem, menghapus pekerjaan yang tidak perlu.
10. Membuat warkat-warkat, mencatat data yang diinginkan.
Di masyarakat luas pekerjaan kantor biasanya juga disebut sebagai tatausaha. Tata usaha dirumuskan sebagai segenap rangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam setiap organisasi. Jadi, tatausaha menurut intinya adalah tugas pelayanan disekitar keterangan-keterangan yang berwujud 6 pola perbuatan:
1. Menghimpun : Merupakan kegiatan-kegiatan mencari dan mengusahakan tersediannya segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan dimana-mana sehingga siap untuk dipergunakan bila mana diperlukan.
2. Mencatat : Merupakan kegiatan membubuhkan dengan berbagai peralatan tulis keterangan-keterangan yang diperlukan sehingga berupa tulisan yang dapat dibaca, dikirim, dan disimpan.
3. Mengolah : Merupakan macam-macam kegiatan dengan mengerjakan keterangan-keterangan dengan maksud menyajikannya dalam bentuk yang lebih berguna.
4. Menggandakan : Merupakan kegiatan memperbanyak dengan berbagai cara dan alat sebanyak jumlah yang diperlukan.
5. Mengirim : Merupakan kegiatan menyampaikan dengan berbagai cara dan alat dari satu pihak kepada pihak lainnya
6. Menyimpan : Merupakan kegiatan menaruh dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman.
Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson, pekerjaan perkantoran dapat diperinci dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
1. Menerima pesanan-pesanan, mengantarkan dan mengirimkannya dengan kapal.
2. Membuat rekening
3. Surat-menyurat, mendikte, mengetik
4. Menyimpan warkat
5. Menyampaikan hutang dan mengumpulkan perhitungan yang belum terselesaikan.
6. Mengurus, membagi, dan mengirimkan surat pos
7. Pekerjaan memperbanyak warkat dan membubuhkan alamat
8. Macam-macam pekerjaan seperti menelepon, menerima tamu, pekerjaan pesuruh
9. Tugas-tugas khusus dengan maksud untuk menyederhanakan sistem, menghapus pekerjaan yang tidak perlu.
10. Membuat warkat-warkat, mencatat data yang diinginkan.
Macam-macam Pekerjaan
Kantor
Pada dasarnya macam-macam ada dua macam pekerjaan kantor, yaitu :
Pekerjaan kantor yang bersifat ketatausahaan, yaitu pekerjaan kantor yang banyak berhubungan langsung dengan pekerjaan tulis-menulis. Misalnya :
1) Pengurusan atau penanganan surat masuk dan surat keluar
2) Penyimpanan surat (kearsipan)
3) Pengetikan
4) Pengurusan kepegawaian
5) Penguruan keuangan
6) Pengurusan perlengkapan
7) Penggandaan
Pada dasarnya macam-macam ada dua macam pekerjaan kantor, yaitu :
Pekerjaan kantor yang bersifat ketatausahaan, yaitu pekerjaan kantor yang banyak berhubungan langsung dengan pekerjaan tulis-menulis. Misalnya :
1) Pengurusan atau penanganan surat masuk dan surat keluar
2) Penyimpanan surat (kearsipan)
3) Pengetikan
4) Pengurusan kepegawaian
5) Penguruan keuangan
6) Pengurusan perlengkapan
7) Penggandaan
Jenis-jenis Pekerjaan Kantor
Jenis-jenis pekerjaan kantor, antara lain
:
1.
Menghimpun
Yaitu kegiatan mencari dan mengusahakan
tersedianya segala informasi yang belum ada atau informasi yang masih
berserakan dimana-mana sehingga siap digunakan saat diperlukan.
Contoh : mengumpulkan data, mencari
informasi, membuat kliping dll.
2.
Mencatat
Merupakan kegiatan tulis-menulis mengenai
data-data yang diperlukan sehingga berwujud tulisan yang mempunyai arti, dapat
dikirim dan disimpan.
Contoh : membuat surat, membuat notula,
mencatat kegiatan, dll.
3.
Mengolah
Merupakan berbagai macam kegiatan untuk
mengerjakan data dan informasi agar dapat tersaji dalam bentuk laporan yang
lebih berguna.
Contoh : membuat rekapitulasi data,
membuat laporan tertulis, membuat laporan keuangan.
4.
Menggandakan
Merupakan kegiatan memperbanyak informasi
dengan berbagai cara dan alat sebanyak jumlah yang diperlukan.
Contoh : memfotokopi surat, mencetak
informasi, dll
5.
Mengirim
Yaitu kegiatan menyampaikan informasi
dengan berbagai cara dan alat dari satu pihak kapada pihak lain.
Contoh : mengirim e-mail, faksimili,
surat
6.
Menyimpan
Yaitu kegiatan meletakkan informasi
dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman.
Contoh : menyimpan surat/ arsip,
menyimpan data/ informasi ke komputer, menyusun buku di perpustakaan
7.
Melakuan Komunikasi
Yaitu kegiatan melakkuan pengiriman ide/
gagasan kepada pihak lain baik langsung ataupun menggunakan media dan mendapat
respon dari penerima pesan.
Contoh : corespondence, telepon,
teleconference, chatting
8.
Menghitung
Kegiatan melakukan penetapan data yang
berkaitan dengan angka.
Contoh : menghitung hasil penjualan,
menghitung data keuangan
2.
JENIS PEKERJAAN YANG DIKERJAKAN DENGAN
PERANGKAT LUNAK
Pada bahasan ini, akan diuaraikan secara singkat mengenai software/perangkat
lunak, khususnya perangkat lunak aplikasi yang lazim digunakan di lingkungan
perkantoran.
Perangkat lunak adalah istilah umum
untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program
komputer, dokumentasi, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh
komputer. Dengan kata lain, perangkat lunak merupakan bagian sistem komputer
yang tidak berwujud.
Perangkat lunak aplikasi (software aplication) merupakan perangkat lunak yang siap digunakan
untuk keperluan tertentu. Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat
lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an
aplikasi yang dikenal yaitu pengolah kata (Word Star, Chi Write), pemroses
tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada
perkembangannya pengolah kata, tabel dan database saat ini telah dibundel
menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan
presentasi.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket disebut sebagai
suatu paket atau suit aplikasi (application suite).
Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu
aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya.
Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang
memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan
menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling
berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu
lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat
pada aplikasi lembar kerja yang terpisah. Contoh Suit Aplikasi antara lain
Microsoft Office 2010 dan OpenOffice.org 3
Aplikasi perangkat lunak yang banyak dipergunakan di kantor-kantor dewasa
ini adalah Microsoft Office. Edisi terbaru dari Microsoft Office adalah
Microsoft Office 2010. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan software
aplikasi ini. Namun yang perlu diperhatikan adalah keaslian dari software
yang kita gunakan, sebab banyak sekali ditemui penggunaan aplikasi yang tidak
memiliki lisensi yang asli atau bajakan. Padahal, berdasarkan Undang-Undang
Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta penggunaan software aplikasi bajakan
jelas dilarang. Oleh karenanya, kita harus memiliki lisensi yang asli untuk
menggunakan sebuah software aplikasi.
Alternatif solusi dari permasalahan di atas, selain membeli software
yang asli kita bisa menggunakan software aplikasi yang gratis (open source).
Kita bebas menggunakan, mengembangkan, menggandakan, dan mendistribusikan open
source software tanpa akan dipidanakan karena melanggar undang-undang hak
cipta.
Perangkat lunak aplikasi membuat kita dapat mengerjakan tugas tertentu
seperti memecahkan masalah, mengerjakan tugas, atau sekedar mencari hiburan.
Perangkat lunak aplikasi ini terbagi atas beberapa kelompok, yaitu:
- Office Application
- Multimedia Application
- Internet Application
Contoh aplikasi perangkat lunak perkantoran yang banyak digunakan beserta
kegunaannya antara lain sebagai berikut.
1. Aplikasi
Pengolah Kata (Word Processing)
Pengolah kata umum digunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang
sering dilakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran,
pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font),
pengolah kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.
Bahkan kita dapat menggunakan fungsi otomatis seperti membuat daftar isi,
daftar table, daftar gambar, dan daftar pustaka secara otomatis melalui style
and formatting, caption, dan citation.
Jenis pekerjaan perkantoran yang lazim menggunakan aplikasi pengolah kata
antara lain pembuatan proposal, laporan, makalah, surat, memo, notula rapat,
dan sebagainya.
Contoh aplikasi pengolah kata versi terbaru antara lain Microsoft Office
Word 2010 dan OpenOffice.org Writer 3/Text Document.
2. Aplikasi Lembar
Kerja/Tabel (Spreadsheet)
Pengolah tabel biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan yang
menggunakan tabel (tabulasi). Fungsi standar yang digunakan adalah penjumlahan
di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti
pengurangan, pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal, atau fungsi
statistik lainnya serta dapat digunakan untuk mengolah, mengurut, dan menyaring
data melaui fungsi lookup, sort, dan filter. Automasi pengolahan
dapat dilakukan dengan menggunakan macro, misalnya fungsi untuk mengkonversi
bilangan dari angka menjadi huruf.
Pekerjaan perkantoran yang lazim menggunakan aplikasi lembar kerja antara
lain penyusunan laporan keuangan, kas kecil, pengolahan data karyawan, dan
pekerjaan lain yang membutuhkan tabulasi dengan fungsi perhitungan.
Contoh aplikasi spreadsheet versi terbaru adalah Microsoft Office Excel
2010 dan OpenOffice.org Calc 3/Spreadsheet.
3. Aplikasi
Presentasi (Presentation)
Dalam menyampaikan sebuah presentasi, biasanya kita menggunakan Overhead
Projector (OHP). Seiring dengan perkembangan teknologi informasi,
penggunaan OHP mulai digantikan oleh komputer dan LCD Projector.
Perangkat ini bertujuan memberi kemudahan kepada kita dalam menyampaikan sebuah
presentasi. Untuk membuat naskah presentasi tersebut, digunakan perangkat lunak
presentasi. Keuntungan dari penggunaan perangkat ini adalah memudahkan kita
dalam mengedit atau merubah naskah presentasi. Selain itu, kita bisa
menambahkan desain dan animasi yang menarik dalam presentasi kita
Contoh aplikasi presentasi versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint
2010 dan OpenOffice.org Impress 3/Presentation.
4. Aplikasi
Pengolah Basis Data (Database)
Contoh software aplikasi basis data adalah Microsoft Office Access 2010 dan
OpenOffice.org Database 3. dengan software ini kita dapat membuat sebuah data
base seperti data karyawan, data siswa, data penjualan, dan lain-lain secara
terintegrasi.
Contoh aplikasi basis data Microsoft Office Acces
5. Aplikasi
Pengolah Gambar Sederhana (Picture Manager)
Untuk mengolah gambar secara sederhana kita dapat menggunkan aplikasi
Microsoft Office Picture Manager atau OpenOffice.org Drawing.
6. Aplikasi Pengelola
Surat Elektronik, Jadwal, Rapat, dan Program Kerja (e-Mail, Schedule, Meeting,
and Task Manager)
Pekerjaan perkantoran erat kaitannya dengan surat-menyurat, penyusunan
jadwal kegiatan, agenda kegiatan pimpinan, penyelenggaraan rapat, dan penyusunan
program kerja. Pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara otomatis
dengan menggunakan software aplikasi Microsoft Office Outlook atau kita dapat
menggunakan Evolution Mail & Calendar untuk software open source-nya.
7. Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia diperlukan untuk mendukung suasana kerja yang
menyenangkan. Software ini juga diperlukan untuk mendukung sebuah
presentasi. Yang termasuk dalam kategori aplikasi ini antara lain pemutar musik
dan pemutar video. Contoh aplikasi multimedia antara lain Windows Media Player,
Winamp, atau kita dapat menggunakan iTune dan Quicktime dalam versi gratisnya.
8. Aplikasi
Internet
Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan
aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk
berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan.
Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server)
atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat
lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah:
a) Bowser
Browser digunakan untuk membuka dan melihat sebuah halaman web. Berbagai
informasi dapat kita perelah dari jutaan web-site yang ada di dunia ini. Contoh
dari browser yang sering digunakan antara lain Internet Explorer, Mozilla
Firefox, Google Chrome, Opera, dan Safari.
b) E-mail
E-mail merupakan aplikasi surat menyurat di internet. Setiap orang memiliki
alamat e-mail, dan bisa saling bertukar dokumen satu sama lain. Contoh perangkat
lunaknya adalah Outlook Express dan Evolution Mail.
c) Messenger
Messenger digunakan untuk berkomunikasi (chatting) antara satu orang
atau lebih (conference). Selain komunikasi melalui teks (message),
juga bisa melalui suara (voice) dan video (webcam). Contoh
aplikasi messenger antara lain Yahoo Messenger.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar