Rabu, 28 September 2016



Meningkatakan Kualitas Diri Sebagai Seorang Sekretaris

Meningkatakan Kualitas Diri Sebagai Seorang Sekretaris
Sekretaris, menurut Betty Hutchinson dan Carol Milano, sekretaris adalah seorang professional yang menampilkan aneka macam tanggung jawab tugas kesekretarisan dengan penuh kompetensi, dapat dipercaya dan berkepribadian. Seorang sekretaris tidak hanya menjalankan tugas kesekretariatannya hanya melulu mengacu pada job descriptionnya saja. Tetapi seorang sekretaris dituntut untuk memiliki kompetensi dan inisiatif mensupport pimpinan untuk memajukan perusahaan. Sekretaris juga dituntut untuk bisa menjadi orang kepercayaan dari pimpinannya dan mampu menjaga rahasia perusahaan.Buatlah pimpinan merasa ketergantungan dengan adanya sekretaris, karena apabila tidak ada sekretaris maka pimpinan akan kesulitan mengatur jadwal dan kegiatannya.
Saat ini sudah banyak dari pimpinan yang mulai mempercayakan segala hal pada sekretarisnya untuk menjadi rekan kerja serta penasehat yang mampu memberikan solusi. Mereka mempercayakan sekretaris untuk mengolah setiap kebutuhan mereka hingga merasa terbantu di tengah kesibukan yang menghimpit mereka. Dikarenakan rasa kepercayaan yang makin tinggi itulah kini sekretaris makin lama makin dituntut untuk terus berkembang mengikuti perkembangan era saat ini agar terus dapat selaras dengan perkembangan perusahaan. Agar kita sebagai sekretaris dapat terus mengikuti perkembangan era saat ini, maka kita harus memiliki kualitas dan kompetensi yang dapat menunjang karir sebagai seorang sekretaris profesional.Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kualitas diri kita sebagai seorang sekretaris:
  1. Memiliki ketrampilan berkomunikasi
  2. Seorang sekretaris akan selalu berkomunikasi dengan berbagai macam orang, untuk itu akan bagus apabila sekretaris menguasai beberapa bahasa asing. Sekretaris dituntut pula untuk pandai memilih kata dan menyusun kalimat secara baik.
  3. Mampu mencari, menginterpretasikan dan memanfaatkan informasi
  4. Sekretaris harus pandai menggali informasi dari berbagai sumber, lalu menginterpretasikan sehingga dapat memilih informasi yang dinilai bermanfaat untuk disajikan kepada pimpinannya.
  5. Mampu berpikir, mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya
  6. Sekretaris harus mampu untuk mengidentifikasi masalah yang ada dan membantu pimpinan untuk mendapat solusi yang tepat, sehingga masalah dapat terselesaikan dengan baik.
  7. Mampu bekerja sama dalam kelompok
  8. Sekretaris harus mampu menjalin hubungan baik dengan orang-orang dalam perusahaan maupun luar perusahaan dan team work (mampu bekerja sama dalam tim).Tidak boleh menganggap diri lebih hebat, meremehkan orang lain, menutup mata pada keberhasilan dan kelebihan orang lain.
  9. Memiliki human relations skills Dalam bekerja sekretaris harus mampu meningkatkan profesionalisme kerja dan lingkungan kerja yang nyaman, menggunakan emosi secara efektif untuk mencapai tujuan (pengendalian emosi) dan memahami emosi orang lain.
  10. Mempunyai komitmen pada tugas Sekretaris harus memiliki kemampuan dalam menangani setiap tugas yang diberikan dan memiliki komitmen dan sikap yang dilandasi rasa tanggung jawab pada tugas maka mereka akan menyelesaikan tugas atau pekerjaannya karena merasa terikat pada penyelesaian tugas tersebut.
Dengan meningkatkan kualitas diri, kini kita mampu menunjukkan bahwa sekretaris dapat pula menunjang perkembangan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar