Rabu, 28 September 2016

Kumpulan Bentuk-Bentuk Surat Lengkap

Kumpulan Bentuk-Bentuk Surat Lengkap - Bentuk Surat Ialah susunan letak bagian-bagian surat (lay out). Bagian-bagian surat ini sangat penting peranannya sebagai bahan identifikasi atau petunjuk dalam memproses surat itu sendiri. Tiap lembaga atau kantor tidak selalu sama dalam memakai bentuk surat , tergantung lembaga atau kantor itu sendiri.




Contoh Bentuk-Bentuk Surat

Secara singkat bentuk-bentuk surat tersebut adalah sebagai berikut:

Pola Bentuk Lurus Penuh (Full Block Style)


Pola Bentuk Lurus Penuh

Pola Bentuk Lurus (Block Style)


Pola Bentuk Lurus

Pola Bentuk Setengah Lurus (Semi Block Style)


Pola Bentuk Setengah Lurus

Pola Bentuk Lekuk (Idented Style )

Pola Bentuk Lekuk

Pola Bentuk Resmi (Official Style)


Pola Bentuk Resmi

Pola Bentuk Paragraf Bergantung (Hanging Paragraph)


Pola Bentuk Paragraf Bergantung

Pola Bentuk Resmi Gaya Baru


Mengenal Aneka Bentuk Surat

Surat merupakan salah satu instrumen penting dalam menjalankan komunikasi tertulis yang hingga saat ini masih sering dilakukan antar perusahaan. Surat resmi yang biasa digunakan dalam surat dinas mau pun surat niaga memiliki bentuk – bentuk surat yang baku.
Berikut ini adalah bentuk – bentuk surat lengkap beserta penjelasannya untuk membantu mengenali bagaimana tampilan dan bentuk yang tepat ketika membuat surat.
Bentuk – bentuk surat

1.      Bentuk lurus penuh (Full Block Style)

Pada surat bentuk lurus penuh atau Full Block Style, penulisan bagian – bagian surat semuanya dimulai dari kiri. Untuk ukuran batas pinggir kiri 20 dan kanan 80 (elite) atau batas pinggir 15 dan kanan 75 (pica).

2.      Bentuk lurus (Block Style)

Bentuk surat lurus atau Block Style pada dasarnya mirip dengan bentuk surat lurus penuh. Perbedaannya hanya terletak pada penempatan tanggal, salam penutup, nama instansi, nama terang dan juga nama jabatan yang diketik di sebelah kanan atas.


3.      Bentuk setengah lurus (Semi Block Style)

Bentuk surat setengah lurus atau Semi Block Style adalah campuran antara bentuk surat lurus dan bentuk surat lekuk. Pengetikan alamat suratnya sama dengan bentuk surat lurus hanya saja pada pengetikan bagian isi suratnya sama dengan bentuk surat lekuk, yaitu setiap alinea masuk lima hentakan.

4.      Bentuk lekuk (Indented Style)

Bentuk surat lekuk atau Indented Style pada dasarnya hampir sama dengan bentuk surat setengah lurus. Hanya perbedaanya terletak pada penulisan alamat tujuan yang bergerigi.
Baris pertama dimulai dari margin kiri dan baris kedua serta seterusnya dimulai dengan menjorok lima hentakan. Pengetikan tempat dan tanggal, salam penutup, nama dan jabatan diketik disebelah kanan sedangkan pada isi surat setiap pergantian alinea baru, pengetikannya masuk kedalam sebanyak lima hentakan.

5.      Bentuk menggantung (Hanging Paragraph Style)

Bentuk surat menggantung atau yang juga dikenal sebagai Hanging Paragraph Style pada pengetikannya pada baris pertama setiap alinea diketik disebelah kiri, kemudian baris berikutnya masuk lima spasi sampai pergantian alinea.

6.      Bentuk resmi (official Style)

Bentuk surat resmi aa]tau official Style  ini memang sering dipakai oleh instansi – instansi pemerintah untuk penulisan surat dinas. Untuk penulisan alamat diketik di sebelah kanan sedangkan di bagian kiri diketik nomor, lampiran dan perihal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar